Bencana Banjir Dan Tanah Longsor, Puluhan Sekolah di Lebak diliburkan

Salah satu sekolah yang terdampak banjir bandang Kabupaten Lebak. (Fpto: TitikNOL)
Salah satu sekolah yang terdampak banjir bandang Kabupaten Lebak. (Fpto: TitikNOL)
LEBAK, TitikNOL - Paska bencana banjir bandang dan tanah Longsor di Enam Kecamatan di Kabupaten Lebak, puluhan sekolah libur panjang. Hal tersebut dikatakan Bupati Lebak, Iti Oktavia Jaya Baya kepada awak media, Lebak, Minggu (5/1/2020).

"Ada beberapa titik, 19 sekolah Pendidikan Usia Dini (Paud), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), selama 14 hari ini kita liburkan sementara yang lain berjalan dengan normal," katanya di Lokasi Bencana.

Dikonfirmasi terpisah, Sekertaris dinas pendidikan dan kebudayaan (Dindikbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Abdul Malik mengaku libur sekolah yang terkena dampak bencana tidak bisa ditentukan harinya dengan pasti.

"Itu sekolah yang terkena dampak bencana, Bagi sekolah yang berada kecamatan terdampak proses sekolah dilaksanakan di 12 Januari 2020, karena ada yang terkena dampak dan yang dijadikan tempat pengungsian, gak mungkin dilaksanakan, tapi kita melihat situasi terlebih dahulu jika terdapat kendala maka akan diperpanjang," katanya kepada TitikNOL melalui telpon seluler, Serang, Senin (6/1/2020).

Selian itu juga, Malik mengaku ada beberapa sekolah yang berada di kecamatan terdampak akan secepatnya melakukan proses pembelajaran namun ada yang dipindah tempatnya.

"Pembelajaran dan rekonsiliasi paska bencana, SMPN 1 dan 2 Lebak Gedong itu akan dilaksanakan di SDN 1 Banjarsari, SMPN 3 Lebak Gedong tetap di sekolahnya, sedangkan SMP 4 Lebak Gedong dilaksanakan di kampung Buluhen dengan menempatkan fasilitas yang sudah di siapkan, itu mungkin yang kita undur ke tanggal 12," ujarnya.

Dirinya juga menegaskan, proses belajar mengajar di kecamatan terdampak tidak bisa ditetapkan kapan kepastiannya.

"Bahkan bukan tanggal 14 kita liat situasi, mungkin dinas pendidikan bisa tanggal 19 itu ibu bupati benar aja, karena tidak menutup kemungkinan," tukasnya.

Berikut data sekolah yang terkena dampak bencana yang akan di liburkan dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Untuk sekolah pendidikan usia dini berjumlah 8 diantaranya, TK Raudatul Hasanah, TK Ulul Quro, KB, Cahaya Gumilang, Paud Mitra Candikia, KB Al Fattah, KB Al Fazri dan Paud Cempaka KB Telaga Warna 1.

Untuk sekolah Dasar (SD) berjumlah 13 diantaranya, SDN 2 Banjaririgasi, SDN 1 Banjaririgasi, SDN 1 Sukarame, SDN 2 Ciladaen, SDN 2 Banjarsari SDN 1 LebakSetu, SDN 2 Lebaksetu, SDN 1 Ciladaen, SDN 1 Lebak Gedong, SDN 2 Lebak Gedong, SDN 1 Banjarsari, SDN 1 Sajira dan SDN 3 Sukarame.

Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 4 diantaranya, SMPN 1 Lebak Gedong, SMPN 2 Lebak Gedong, SMPN 3 Lebak Gedong dan SMPN 4 Lebak Gedong. (Lib/TN2)
Komentar