Bencana Longsor di Lebak Buat Pemerintah Jepang Tergugah dan Beri Bantuan

ILustrasi longsor. (Dok: kbknews)ILustrasi longsor. (Dok: kbknews)

SERANG, TitikNOL - Bencana longsor di Kabupaten Lebak yang menelan korban, membuat Pemerintah Jepang tergugah. Mereka pun berencana akan menghibahkan alat pendeteksi longsor dan banjir.

"Pemerintah Jepang akan menghibahkan alat pendeteksi longsor, karena bencana di Banten membuat perhatian masyarakat Jepang tergugah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Sumawijaya ditemui di Kantornya, Senin (6/12/2016).

Baca juga: Korban Tanah Longsor di Lebak Dapat Bantuan Kemensos RI

Sumawijaya pun menjelaskan, bantuan hibah tersebut murni karena Pemerintah Jepang tergugah ingin membantu dan akan diproses pada 2017 nanti. "Mudah-mudahan bisa terpasang di 2017 dan akan diproses penghibahannya agar bisa dipakai," jelasnya.

Ia pun mengaku hal tersebut sangat membantu, dimana di Banten saat ini tidak memiliki alat pendeteksi longsor dan banjir. "Di kita kan belum punya. Baru ada peringatan dini tsunami saja, padahal bencana longsor juga dominan," tukasnya.

Seperti diketahui, Banten saat ini dilanda bencana di berbagai daerah. Selain longsor di Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang dan Pandeglang pun dihantam banjir. (Meghat/Rif)

Komentar