BI Banten Siapkan Rp1,5 Triliun untuk Penukaran Uang Baru Pecahan

Suasana penukaran uang pecahan di Alun-alun Kota Serang. (Foto: TitikNOL)Suasana penukaran uang pecahan di Alun-alun Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten, siapkan Rp1,5 triliun uang pecahan untuk penukaran menjelang lebaran 2018.

Masyarakat pun bisa langsung menukarkan uang mulai hari Rabu ( 30/5/2018) hingga empat hari ke depan di Alun-alun Kota Serang.

Kepala KPW Bank Indonesia Banten Rahmat Hernowo mengatakan, penukaran bisa dilakukan melalui Bank BNI, Mandiri, BRI, BJB , BCA dan Bank Banten.

“BI wajib menyebarkan uang dalam pecahan yang sesuai kebutuhan dan kualitas yang baik menjelang lebaran sesuai @ndang Undang,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, permintaan penukaran uang untuk tahun ini terbilang tinggi. Pasalnya dibandingkan tahun sebelumnya, mengalami kenaikan hingga 15 persen.

“Tahun lalu Rp167 triliun, tahun ini mencapai Rp188 triliun se Indonesia sehingga kita pikir lakukan serentak di seribu titik,” jelasnya.

Sementara itu, untuk Banten sendiri BI menyiapkan Rp1,5 triliun untuk penukaran uang pecahan.

”Perkiraan kami menyiapkan Rp 1,5 triliun, namun BI punya proyeksi banten lebih dari itu,” lanjutnya.

Jadi kata Rahmat, mulai hari ini masyarakat bisa langsung datang ke Alun - alun Kota Serang untuk mulai menukarkan uang pecahan hingga empat hari kedepan.

“Di serang kita siapkan seribu kupon. Saya enggak tahu datangnya berapa kelihatannya banyak dan ini diselenggarakan selama empat hari. Tahun ini batasan Rp5,5 juta rupiah tapi pecahannya diatur untuk dua ribuan lima ribuan sepuluh ribuan,” pungkasnya. (Gat/TN1)

Komentar