BI Siapkan Rp1,6 Triliun untuk Penukaran Uang Baru

Ilustrasi. (Dok: net)Ilustrasi. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten, menyiapkan Rp1,6 triliun uang penukaran baru menjelang hari raya lebaran 2017. Penukaran sudah dibuka pada Kamis (15/6/2017) di Alun-Alun Barat, Kota Serang.

Dikatakan Kepala BI Perwakilan Banten Budiharto Setyawan, pihaknya bekerja sama dengan lima bank diantaranya BCA, BNI, Mandiri dan beberapa bank lainnya untuk membuka penukaran uang di Banten.

"Untuk pembukaan hari ini sampai besok di Alun-Alun Kota Serang, nanti minggu depan disusul Lebak dan Pandeglang," kata Budiharto ditemui di pendopo gubernur, Kamis (15/6/2017).

Budiharto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Rp1,6 triliun yang dibagi menjadi pecahan Rp2-20 ribu untuk penukaran uang.

"Sudah kita siapakan 1.600 paket dari mulai dua ribu hingga dua puluh ribu. Jadi warga bisa langsung datang ke alun-alun," ungkapnya.

BI juga menyiapkan kupon antrean kepada warga yang ingin menukarkan uang recehan. "Sudah kita siapkan kupon agar tidak berebutan saat penukaran," lanjutnya.

Selain itu, untuk menghindari peredaran uang palsu pihak BI menggandeng kepolisian daerah (Polda) Banten untuk mengawal proses penukaran uang.

"Ada petugas kepolisian yang ikut mengawal penukaran uang. Karena kita sudah berkordinasi dengan Polda," pungkasnya. (Gat/red)

Komentar