BKSDA Amankan Macan Kumbang di Taman Hutan Raya Carita

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

PANDEGLANG, TitikNOL - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah I Serang, mengamankan seekor macan kumbang di wilayah Taman Hutan Raya Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (15/12/2020).

Petugas BKSDA Klas I Jabar Anto mengatakan, penangkapan itu dilakukan atas dasar laporan dari warga Kampung Mataram, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang yang resah dengan adanya macan kumbang.

Menurut laporan warga, macan itu selama tiga hari berkeliaran di sekitar blok Silegar dan Curug Putri Taman Hutan Raya Carita. Saat ditangkap, macan yang berbulu hitam itu dalam keadaan sakit dan terluka.

“Pada hari Selasa tanggal 15 Desember 2020 pagi, bapak Jarmin(55) melaporkan adanya macan kumbang yang terluka/sakit di daerah Taman Hutan Raya Carita kepada Call Center SKW I Serang. Sudah 3 hari berkeliaran di sekitar blok Silegar dan Curug Putri Taman Hutan Raya Carita dalam keadaan sakit,” katanya kepada TitikNOL.

Berbekal laporan itu, Tim Gugus Tugas SKW I Serang melakukan penangkapan dengan menggunakan tali jerat. Setelah satwa dapat di tangkap, petugas menevakuasinya ke kantor SKW 1 Serang untuk dilakukan perawatan.

“Macan Kumbang selanjutnya oleh Tim Gugus Tugas dibawa dan diamankan ke kantor SKW I Serang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” terangnya. (Son/TN1)

TAG bksda
Komentar