BKSDA Selamatkan Bayi Lutung Jawa di Pinggir Jalan

Bayi Lutung Jawa yang diserahkan warga ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah Serang. (Foto: TitikNOL)
Bayi Lutung Jawa yang diserahkan warga ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah Serang, selamatkan satu ekor bayi Lutung Jawa dari warga Cilegon. Bayi lutung Jawa yang merupakan hewan dilindungi ini diserahkan secara sukarela oleh warga.

“Bayi lutung ditemukan warga Cilegon berada di pinggir jalan, mereka pun langsung melaporkan ke kita dan segera kita langsung evakuasi,” kata Kepala BKSDA Jabar Wialayah Satu Serang Andre Ginson, Jumat (24/11/2017).

Bayi lutung yang baru berusia empat minggu tersebut diduga lepas dari induknya dan berhasil ditemukan warga.

”Bayi lutung baru berumur satu bulan, kita langsung berikan perawatan khusus karena nanti akan dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya,” ungkapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, petugas pun akan melakukan observasi sampai nantinya bayi lutung tersebut siap untuk dilepas ke habitatnya.

“Setelah siap dilepas kita akan lepas di kawasan Bogor yakni di kawasan hutan lindung,” tukasnya.

BKSDA juga menghimbau kepada masyarakat yang masih memelihara atau menemukan satwa dilindungi, agar menyerahkan kapada BKSDA Jawa Barat Wilayah Serang. (Gat/red)

Komentar