BKSDA Serang akan Cek Lokasi Penampakan Buaya Muara di Bayah

Ilustrasi. (Dok: Tempo)
Ilustrasi. (Dok: Tempo)
SERANG, TitikNOL - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Klas I Serang sudah mendapatkan laporan adanya penampakan buaya muara di sungai Cimadur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kamis (11/2/2021) sore tadi.

Kepala Resort Konservasi Wilayah III BKSDA Klas I Serang Tuwuh Rahadianto membenarkan adanya laporan warga itu. Menurutnya, buaya tersebut sudah lama berada sungai Cimadur dari hasil keterangan warga sekitar.

"Memang benar ada laporan ke pimpinan tentang kemunculan buaya di Bayah dan menurut pengakuan warga, bahwa buaya tersebut sudah ada sejak lama," kata pria yang akrab disapa Anto, saat dikonfirmasi via telepon.

Menurut Anto, kondisi sungai Cimadur dengab adanya rawa dan alirannya menuju ke laut merupakan habitatnya, dan keberadaan buaya muara itu memang sering muncul di awal tahun 2021 ini.

"Itu merupakan habitatnya di rawa-rawa aliran sungai yang menuju ke laut dan akhir-akhir ini sering muncul," ungkapnya.

BKSDA pun akan segera menindaklanjuti laporan warga, untuk memastikan dan memonitoring wilayah kemunculan buaya muara tersebut.

"Yang pasti kami cek lokasi untuk memastikan langkah apa yang harus kami lakukan," tegasnya.

Sebelumnya, warga yang berada di dekat sungai Cimadur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, digegerkan dengan kemunculan buaya muara. Bahkan, sempat jadi tontonan warga sekitar lantaran sebelumnya tidak pernah ada buaya di area aliran sungai Cimadur. (Gat/TN1)
Komentar