BLHD: Limbah PT Cemindo Berpotensi Racuni Ikan dan Tumbuhan Laut!

BLHD Provinsi Banten. (Dok: slideplayer)BLHD Provinsi Banten. (Dok: slideplayer)

SERANG,  TitikNOL - Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten Khusni Hasan mengungkapkan, bila limbah yang dibuang PT Cemindo Gemilang berpotensi menyebabkan keracunan ikan dan tumbuhan laut.

Maka dari itu adanya pengaduan masyarakat karena mereka yang mungkin tertimpa dampak limbah. "Biasanya yang melakukan pengaduan terdampak, karena semen merah putih itu membuang limbah berbentuk wingker ke laut. Nah, jadi ada indikasi ini berdampak kepada tangkapan nelayan," kata Khusni Hasan, kepada wartawan, saat ditemui di pendopo gubernur, Senin (01/8/2016).

Baca juga: Awasi Pembuangan Limbah ke Laut, BLHD Banten Turunkan Tim ke Dermaga PT Cemindo

Dampaknya limbah tersebut pun lanjut Khusni, bisa meracuni ikan dan tumbuhan laut. "Ya namanya limbah berbahaya, ya tidak hanya ikan saja. Tumbuh-tumbuhannya kan ini bisa teracuni," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, kalangan aktivis lingkungan hidup di Lebak Selatan menemukan adanya pembuangan limbah clinker (bahan baku semen) yang sudah bercampur senyawa kimia dibuang secara sembarangan ke laut dari sebuah kapal tongkang. (Meghat/dd)

TAG blhd
Komentar