Kamis, 25 Juli 2024

BMKG Minta Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrim Akan Terjadi Tiga Hari ke Depan

Ilustrasi (Foto: Pexels)
Ilustrasi (Foto: Pexels)

BANTEN, TitikNOL - Masyarakat diminta untuk lebih waspada dalam menghadapi fenomena potensi cuaca ektrim, yang diprediksi akan terjadi tiga hari ke depan.

Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan kedepan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia.

Selain itu, akibat aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah.

Sehingga pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan kedepan.

Berdasarkan upate informasi, hari ini Rabu (19/1/2022) potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprediksi terjadi di wilayah Tangerang Raya, Kabupaten Serang bagian Tengah, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang bagian Barat dan Selatan, serta Kabupaten Lebak bagian Utara dan Selatan.

Sementara 20 Januari 2022 diprediksi akan terjadi di sebagaian besar Kabupaten Pandeglang serta Kabupaten Lebak bagian Utara dan Tengah. (TN3)

Komentar