BMKG Serang: Sudah 20 Gempa Susulan Terjadi di Banten

Ilustrasi. (Dok: Detak)
Ilustrasi. (Dok: Detak)

SERANG, TitikNOL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas Satu Serang, mendata telah terjadi gempa susulan sebanyak 20 kali di wilayah Banten.

Dikatakan Kepala BMKG Stasiun Kelas Satu Serang Sugarin, sejauh ini, tercatat sudah 20 kali gempa bumi susulan. Namun, kekuatan semakin melemah, berkisar antara 2,5 hingga 4,8 SR.

"Yang terakhir gempa berkekuatan 4.0 SR terjadi pada pukul 15.55 WIB dengan lokasi 7.20 LS, 106.01 BT atau 75 km BaratDaya LEBAK-BANTEN dengan kedalaman 21 Km," kata Sugarin, Selasa (23/1/2018).

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,4 SR Guncang Banten

Sugarin pun meminta masyarakat tetap waspada dengan gempa susulan yang sewaktu-waktu dapat terjadi, setelah gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter yang berpusat di Kabupaten Lebak menggoyang wilayah Banten hingga Jakarta.

"Masyarakat tetap waspada, karena gempa susulan dapat kembali terjadi. Walaupun gempa tidak dapat diprediksi seperti cuaca," ungkapnya.

Baca juga: Hoax, Video Truk di Atas Kapal dan Jalan Terbelah bukan Akibat Gempa Banten

Meskipun begitu, BMKG juga meminta masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Lebak dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Jangan terpengaruh dengan isu isu yang belum pasti," tegasnya. (Gat/TN2)

TAG gempa
Komentar