BPBD Banten Kesulitan Evakuasi Korban Banjir Sungai Ciujung

Sungai Ciujung. (Dok: akumassa)Sungai Ciujung. (Dok: akumassa)

SERANG, TitikNOL – Meluapnya Sungai Ciujung dan menyebabkan banjir di wilayah Kabupaten Serang beberapa hari ini, membuat BPBD Kabupaten Serang harap-harap cemas. Soalnya, hingga kini mereka masih kesulitan untuk mengevakuasi para korban, bila terkena banjir besar.

Dikatakan Kepala BPBD Banten Sumawijaya, para korban banjir mayoritas tinggal dipinggiran sungai Ciujung. Hal ini membuat petugas kesulitan mengevakuasi. "Korban yang terkena banjir ini kan tinggal dipinggiran sungai semua, kita kesulitan harus dievakuasi kemana mereka," kata Sumawijaya dihubungi via telepon.

Baca juga: Sungai Ciujung Meluap, Satu Desa di Kabupaten Serang Terendam Banjir

Ia pun mengaku masih mencari cara untuk mengevakuasi korban banjir yang berada dipinggiran sungai. "Rencananya MMS akan ikut membantu mengevakuasi. Kita juga belum cek nanti kita akan cek agar warga dapat dievakuasi," ungkapnya.

BPBD Banten pun menilai, salah satu cara untuk mengantisipasi terjadi banjir karena luapan, adanya normalisasi sungai Ciujung "Saya rasa harus ada normalisasi sungai, karena kita kesulitan evakuasi para warga yang tinggal dipinggiran. Hal ini juga untuk menghindari kembali meluapnya sungai," lanjutnya. (Meghat/Rif)

Komentar