BPBD Banten: Pergeseran Tanah di Lebak Pengaruh Gempa Selat Sunda

Kondisi jalan yang terbelah akibat pergeseran tanah. (Foto: TitikNOL)
Kondisi jalan yang terbelah akibat pergeseran tanah. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Bencana pergeseran tanah yang menyebabakan puluhan rumah di Kampung Karag, Desa Gunung Sari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak rusak parah, akhirnya diketahui penyebabnya. Hal itu dikarenakan gempa yang terjadi di Selat Sunda.

"Memang disitu potensi pergeserannya tinggi, karena kan tanahnya kebanyakan pasir juga. Selain itu, imbas seringnya gempa di Selat Sunda yang jelas ada pengaruh dari situ," kata Kepala BPBD Banten Sumawijaya dihubungi via telepon, Rabu (18/1/2017).

Baca juga: Tanah di Lebak Alami Pergeseran, Puluhan Rumah Rusak Parah

Selain akibat pengaruh gempa, BPBD Banten juga melihat, kawasan tersebut tidak memiliki resapan air yang cukup baik. Lalu, kondisi tanah yang lempung pasir membuat kawasan tersebut rawan pergeseran tanah.

"Memang sistem resapannya juga kurang dan tanaman harus diperbanyak. Makanya kawasan tersebut memang rentan," ungkapnya.

Sumawijaya pun menyampaikan, sudah mengirimkan personel bersama BPBD Lebak untuk mengevakuasi warga karena dikhawatirkan terjadi pergeseran tanah susulan.

"BPBD Lebak sedang mengevakuasi, BPBD Banten hari ini ke lokasi untuk melihat sejauh mana pergeserannya. Kalau parah, harus dievakuasi bersama-sama," pungkasnya. (Meghat/Rif)

Komentar