Jum`at, 22 November 2024

BPIP Bakal Kampanyekan Pancasila Lewat Musik, Olahraga, dan Kuliner

Wakil Kepala BPIP Karjono. (Foto: TitikNOL)
Wakil Kepala BPIP Karjono. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) memiliki strategi baru dalam membumikan Pancasila.

Wakil Kepala BPIP Karjono mengatakan, banyak ideologi di Pancasila yang mudah disebar lewat media sosial. Sehingga penyebaran Pancasila harus lebih kreatif.

Untuk menyasar generasi milenial, pihaknya akan melakukan pendekatan dengan hal-hal yang asyik.

"Pengaruh Medsos saat ini yang begitu luar biasa akan kita manfaatkan untuk penyebaran nilai-nilai idiologi Pancasila kepada generasi milenial," katanya, Kamis (8/9/2022).

Salah satunya bisa melalui musik, olahraga, kuliner. Generasi milenial menerima dengan baik seperti dengan tiktok, facebook, instagram dengan berbagai macam.

“Di situlah Pancasila perlu hadir,” ucapnya.

Saat ini, akan digalakkan lagi mata ajar atau mata kuliah Pancasila di dunia Pendidikan kita, yang dulu menurut UU Sisdiknas tahun 1989 itu wajib.

Bahkan pengaturan UU sistem pendidikan Pancasila itu sudah diatur dalam UU tahun 1965, dimana sepertiga dari pasalnya mengatur Pancasila.

“Makanya saat ini, dengan kondisi generasi milenialnya yang tertinggal 20-23 tahun ini sangat memprihatinkan,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Al Muktabar menambahkan, Pancasila harus menginternalisasi dalam segala aspek kehidupan dalam pembangunan di Provinsi Banten.

“Kemudian nantinya kita juga sudah sepakat akan ada MoU dan hal lainnya yang secara teknis akan dibahas, termasuk juga bagaimana mengenkripsi nilai-nilai pancasila dalam platform digital,” ujarnya. (TN3)

Komentar