Senin, 15 Juli 2024

Budayakan Permainan Tradisional, Ratusan Warga Walantaka Ikuti Lomba Layang-layang

SERANG, TitikNOL - Dalam rangka membudayakan permainan tradisional layang-layang, ratusan warga Kecamatan Walantaka, mengikut lomba layang-layang, yang digelar di Lapangan Cigore, Kelurahan Nyapah, Minggu (17/9/2023) sore.

Pantauan di lokasi, 350 peserta mayoritas didominasi oleh orang dewasa dan para pemuda dengan membawa layang-layang petek terbaiknya, begitu antusias mengikuti lomba yang digelar oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Serang ini.

Lomba layang-layang petek sendiri ini dibagi menjadi 12 patok, dimana setiap patoknya diisi oleh 27 peserta, bersaing paling lama diatas udara.

Ketua KORMI Kota Serang Jumhadi mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Disparpora Kota Serang dalam rangka menghibur masyarakat, dan juga untuk melestarikan permainan tradisional.

"Ini sifatnya rekreasi dan silaturahmi, lomba ini yang awalnya kita buka hanya untuk 300 Karna antusias masyarakat banyak kita tambah 50 peserta jadi 350 peserta semuanya. Alhamdulillah masyarakat terhibur," katanya.

Lanjut Jumhadi menambah bahwa lomba layang-layang berencana akan diadakan ditingkat Kota Serang."Insyaallah tidak menutup kemungkinan diadakan tingkat Kota Serang di layangan Goang," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kadisparpora Kota Serang Sarnata memberikan apresiasi kepada KORMI Kota Serang atas terselenggaranya lomba layang-layang petek ini.

"Saya apresiasi kegiatan ini, kita juga bisa ambil hikmahnya kekeluargaan antar masyarakat, makanya di Kelurahan Nyapah ini kita bisa mengenang kembali masa kecil," kata Sarnata.

Dia juga berharap KORMI Kota Serang kembali menggelar lomba layang-layang ini di tingkat Kota Serang, dalam rangka melestarikan permainan tradisional.

"Pemerintah kota serang mendukung perlombaan ini, saya harap kepada ketua KORMI ada lomba layang-layang yang lebih besar lagi," tegasnya. (TN)

Komentar