Bus Ngetem Sering Timbulkan Macet di kota Serang

Kemacetan di depan kampus Untirta yang disebabkan bus ngetem. (Foto: TitikNOL)
Kemacetan di depan kampus Untirta yang disebabkan bus ngetem. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Fenomena kemacetan di Kota Serang sudah menjadi pemandangan umum bagi masyarakat. Kemacetan tersebut bahkan tak jarang terjadi tanpa mengenal waktu, baik itu saat jam kerja maupun di waktu-waktu biasa.

Pantauan TitikNOL, salah satu titik kemacetan yang terjadi yakni di sepanjang jalur Terminal Pakupatan hingga Pintu Tol Serang Timur, Kemang, Kota Serang. Di sepanjang jalur ini, banyak bus dan angkutan kota yang sering ngetem untuk menurunkan dan menunggu penumpang.

Akibatnya, kemacetan di jalur ini sudah tidak bisa dihindarkan. Bahkan, kemacetan bisa terjadi lebih parah jika memasuki waktu-waktu tertentu seperti pada pagi dan sore hari dimana banyak orang berangkat dan pulang dari pekerjaannya.

M Tajul Qori (22), salah satu warga yang biasa melintas di jalur itu mengaku kesal dengan perilaku kebanyakan supir ngetem sembarangan. Sebab menurutnya, tindakan itu membuat akses jalan menjadi terhambat akibat kemacetan yang panjang.

“Bus di sini sering berhenti bergitu aja, ditambah menurunkan penumpang serta menunggu penumpang. Ya pasti macet," kata Qori kepada TitikNOL, Selasa (2/10/2018).

Kondisi ini rupanya bukan hanya dirasakan oleh Qori. Warga lainnya bernama Rusmani, juga mengaku kesal dengan ulah kebanyakan supir bus dan angkot yang sering ngetem di kawasan tersebut.

“Heran saya, padahal udah ada terminal. Tapi tetep aja ngetem di patung,” keluhnya.
Ia pun berharap pihak terkait segera turun tangan agar masalah kemacetan di wilayah itu bisa secepatnya diatasi.

“Soalnya kan cape kalau tiap hari gini terus. Yang pakai jalan kan bukan bus sama angkot doang,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu penumpang bus yang akan berangkat ke Terminal Kalideres, Jakarta, Rendi, mengaku sering menunggu bus di sekitar Kemang untuk memudahkan mobilitasnya saat berpergian.

"Biasanya sering nunggu di sini. Soalnya kalau harus nunggu di terminal (Terminal Pakupatan) itu sering ngetem lagi. Makanya mending nunggu di sini aja,” kata Rendi.

Sementara itu, salah satu kondektur bus yang berhasil diwawancara TitikNOL memiliki alasan tersendiri kenapa ngetem di jalur Kemang, Kota Serang. Menurut sumber itu, banyak penumpang yang terbiasa menunggu di sepanjang jalan tersebut sehingga bus banyak yang ngetem.

"Di sini kan banyak penumpang yang sering nunggu, masak saya tinggalin," ujar salah satu kondektur yang biasa dipanggil Aing. (Tolib/TN3)

Komentar