Cuaca Ekstrem di Selat Sunda, Ini Imbauan KSOP Banten untuk Perusahaan Pelayaran

Kapal penyeberangan Merak-Bakauheni. (Foto: TitikNOL)Kapal penyeberangan Merak-Bakauheni. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Kapal penyeberangan Merak-Bakauheni diminta untuk meningkatkan kewaspadaanya saat berlayar di Perairan Selat Sunda. Hal itu menyusul ditingkatkannya status Gunung Anak Krakatau dari waspada menjadi siaga.

Tidak hanya itu, para nahkoda juga diminta untuk meningkatkan pengamatan saat berlayar sehubungan adanya imbauan BMKG bahwa saat ini gelombang tinggi dan angin kencang melanda Selat Sunda .

Kepala KSOP Kelas 1 Banten, Herwanto mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran kepada perusahaan pelayaran terkait imbauan tersebut.

"Semua pelaku pelayaran di Perairan Selat Sunda kami meminta untuk memperhatikan cuaca yang terjadi saat ini. Kemudian kapal yang membawa turis maupun kapal kecil juga tidak boleh mendekati area yang sudah ditentukan dengan radius yang telah ditetapkan," ungkap Herwanto saat dikonfirmasi, Jumat (28/12/2018).

"Kami juga meminta perusahaan pelayaran untuk memperhatikan kelaikan kapal secara serius mulai permesinan, kemudi dan peralatan navigasi serta kelengkapan alat keselamatan kapal lainnya,"imbuhnya. (Ardi/TN2).

Komentar