Dampak Banjir, 25 Hektar Sawah di Desa Bayah Timur Terancam Gagal Panen

LEBAK, TitikNOL - Dampak banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten mengakibatkan puluhan hektar sawah milik warga gagal panen.

Sekitar 25 hektar sawah dikabarkan terancam gagal panen karena disapu bersih air sungai Cimadur yang meluap, serta lumpur yang terbawa ke area sawah.

Sawah yang gagal panen diterjang banjir bandang di Kampung Sukajaya, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, yang berada didekat aliran sungai Cimadur.

Kepala Desa Bayah Timur Rafik Rahmat Taufik mengatakan jika dampak dari banjir ini salah satunya adalah sawah milik warga yang terendam banjir. Dan ini terancam gagal panen.

"Sawah total yang terancam gagal panen sekitar 25 hektar milik warga sekitar," kata Rafik, Senin (10/10/2022).

Rafik mengatakan jika sawah milik warga ini baru saja ditanam satu bulan lalu sampai dua bulan lalu, kini kondisi rata karena diterjang air, tanaman padi pun rusak.

"Baru satu bulan, ada yang satu bulan setengah masih hijau, ini terancam gagal panen semua rusak tanaman padinya," katanya.

Sementara itu, untuk rumah terendam banjir di Desa Bayah Timur yang terdampak sekitar 35 rumah. Dan warga sudah kembali berakitivitas membersihkan sisa lumpur.

"Rumah terendam sekitar 35 rumah, warga sudah kembali berkaktivitas membersihkan sisa sisa lumpur sejak malam sampai sekarang," pungkasnya. (TN)

Komentar