Dapat Hibah dari PT. CNOOC, Ditpolairud Polda Banten Bangun Gedung Crisis Center

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir saat melakukan peletakan batu pertama GCC Ditpolairud Polda Banten. (Foto: TitikNOL)Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir saat melakukan peletakan batu pertama GCC Ditpolairud Polda Banten. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, meletakan batu pertama pembangunan Gedung Crisis Center (GCC) Ditpolairud Polda Banten di Jalan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Rabu (18/9/2019).

Pembangunan GCC tersebut merupakan pemberian atau hibah dari PT China National Offshore Oil Corporation (CNOOC).

"Selat Sunda ini termasuk perairan yang pelayarannya terpadat, banyak kabel-kabel dan pipa di bawah laut serta obyek vital. Maka dengan itu saya berharap, GCC Ditpolairud Polda Banten ini bisa dijadikan tempat untuk koordonasi dengan pihak-pihak terkait," kata Kapolda usai menghadiri peletakan batu pertama GCC Ditpolairud Polda Banten.

"Nantinya ada SOP bagaimana kita melakukan suatu kegiatan bilamana terjadi hal-hal yang terburuk, itu yang pertama. Kemudian yang kedua bagaimana kita membuat SOP dalam rangka kegiatan pencegahan berupa pelatihan-pelatihan sehingga bilamana terjadi hal yang terburuk, maka dapat mengurangi baik kerugian materil maupun jiwa," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifudin mengatakan, GCC tersebut ke depan akan dijadikan pusat koordinasi antar sektor dalam mengantisipasi serta melakukan tindakan kejahatan hingga bencana jika sewaktu-waktu terjadi Perairan Banten.

"Ada tiga hal yang perlu kita antisipasi di Perairan Banten yakni bencana, laka laut dan kejahatan. Nah GCC ini nantinya akan kita jadikan tempat pusat koordonasi dengan pihak - pihak terkait. Jadi sebelum melakukan tindakan ke lapangan, kita melakukan koordinasi terlebih dahulu di GCC," jelasnya. (Ardi/TN1).

Komentar