Minggu, 21 Juli 2024

Debu Proyek PT. Lotte yang Cemari Permukiman Warga Disoal LSM

Ketua LSM Gapura Banten, Husen Saidan. (Foto: TitikNOL)
Ketua LSM Gapura Banten, Husen Saidan. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Debu proyek pembangunan PT. Lotte Chemical Indonesia yang mencemari permukiman warga di Lingkungan Tegal Wangi Kruwuk, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, sangat disayangkan oleh Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gapura Banten, Husen Saidan.

Husen menilai, pihak PT. Lotte Chemical Indonesia maupun perusahaan yang terlibat dalam proyek pembangunan pabrik kimia tersebut, kurang mempelajari dari sisi lingkungan, sehingga terjadi pencemaran debu ke permukiman warga sekitar.

"Saya sangat menyayangkan walaupun ada faktor alamnya, tapi dari pelaksanaan mereka kurang mempelajari dari sisi lingkungan. Sehingga debunya mencemari. Apalagi sekarang kan musim angin barat," kata Husen Saidan kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Debu Proyek Pembangunan PT. Lotte Chemical Indonesia Cemari Permukiman Warga

Diungkapkan Husen, hingga saat ini pihak PT. Lotte Chemical Indonesia belum ada upaya untuk turun langsung ke masyarakat terkait pencemaran debu tersebut.

"Belum ada upaya dari mereka (perusahaan) untuk turun, ini merupakan penghianatan kepada masyarakat yang selama ini sudah mendukung pembangunan PT. Lotte Chemical Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya pekerjaan yang sifatnya berdampak luas tersebut, seharusnya perusahaan melakukan sosialisasi terlebih dahulu soal dampak Debu Proyek Cemari Permukiman Warga.

"Intinya kami mendukung adanya Lotte, tapi kami tetap menuntut penyelesaian ini. Lotte harus tanggung jawab," tegas Husen. (Ardi/TN1).

Komentar