Dengan Dakwah yang Rahmah, BIN Berharap Ansor Banser Jadi Garda Terdepan Tangkal Gerakan Radikal

SERANG, TitikNOL- Jajaran Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Provinsi Banten bersama Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Banten sepakat menjalin komitmen bersama dalam meneguhkan komitmen kebangsaan. Binda juga mengajak Ansor Banser menjadi garda terdepan menangkal intoleransi dan radikalimse.

Kesepahaman membangun komitmen bersama antara Binda Banten dan PW Ansor Banten berlangsung di Sekretariat PW Ansor, di Link Dalung, Kota Serang, Rabu (16/03).

Kegiatan silaturahmi yang diisi komitmen kebangsaan ini dipimpin oleh Kepala Binda Banten, Brigjen Pol Hilman beserta jajaran yang diterima oleh ketua PW Ansor Banten Ahmad Nuri beserta Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang GP Ansor Banser se Provinsi Banten.

Kabinda Banten Brigjen Pol Hilman mengharapkan agar Ansor Banser menjadi garda terdepan dalam menangkal radikalisme dan terorisme, sehingga kejadian seperti di Kabupaten Tangerang dimana ada ASN yang menjadi terduga jaringan terorisme.

Harapan lain BInda Banten kepada kader Ansore Banser untuk turut menjadi penggerak vaksinasi kepada masyarakat, baik di perkampungan maupun di perkotaan. Hal itu penting dilakukan karena saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Brigjen Pol Hilam juga berharap agar kader Ansor Banser Banten membantu Binda dan TNI, Polri dalam melakukan deteksi dan langkah dini untuk melindungi masyarakat dari adanya gerakan radikalisme dan terorisme. Ansor Banser juga diharapkan tak lelah untuk terus membangun silaturahmi dengan para ulama dan tokoh masyarakat untuk terus menyebarkan dakwah yang rahmah kepada masyarakat.

“Deteksi dan langkah dini harus terus dilakukan untuk menangkal radikalisme dalam melindugi masyarakat dari upaya kelompok kiri dan kanan. Ansor Banser jangan lelah untuk terus bersama Binda, TNI dan Polri serta ulama dan tokoh masyarakat menjaga NKRI,” ucap Brigjen Hilman.

Sementara, Ketua PW GP Ansor Banten, Ahmad Nuri dalam rilis yang diterima media mengatakan kunjungan tersebut membahas kerjasama dalam hal nilai- nilai kebangsaan dan beberapa hal strategis yang bersifat kerja nyata untuk masyarakat.

Ahmad Nuri menjelaskan, silaturahmi Kabinda Banten bersama pengurus PW Ansor bersama PC Ansor Banser se Banten dalam rangka konsolidasi kebangsaan, dimana Ansor sebagai organisasi kepemudaan yang konsen dalam menangkal radikalisme dan meneguhkan komitmen kebangsaan.

“Binda Banten mengajak besama-sama untuk bersatu padu melawan intoleransi dan pemahaman radikalisme,” ujar Tum Nuri demikian ia biasa disapa.

Menurutnya, di Banten disinyalir masih ada potensi potensi yang sangat luar biasa terkait dengan radikalisme dan terorisme. Maka dari itu Ansor Banser diinstruksikan agar menjadi komunitas yang memberikan pemahaman yang moderat di tengah masyarakat.

“Bukan hanya menolak radikalisme dan terorisme, tetapi Ansor Banser saya instruksikan memberikan pencerahan terhadap ummat agar proses pemahaman tentang radikal itu mengalami penurunan, tereliminasi melalui dakwah Islam rahmatan lil alamin. Mengajak toleransi dan mengajak moderasi dalam beragama,” tandas Tum Nuri.

Selain membahas nilai kebangsaan, dalam silaturahmi itu juga dibahas tentang vaksinasi terutama di kota- kota yang selama ini vaksinasinya masih minim. Ansor Banser berkomitemen akan menggerakan vaksinasi bersama Binda Banten sampai ke tingkat kecamatan.

“Kita awali dari warga Ansor Banser se Banten untuk vaksinasi, khusus bagi anggota Ansor Banser yang belum vaksin 1, 2 dan 3,” terang Tum Nuri.

Pada kesempatan tersebut Ansor Banten berkomitmen membangun sinergi dengan TNI, Polri, dan Binda untuk bersama menjaga NKRI dari beberapa ideologi yang mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara. Baik itu ideologi kiri maupun kanan yang mencoba mengganti Pancasila. Maka dari itu Ansor Banser harus tampil menjadi bagian garda terdepan menjaga NKRI.

“Dalam waktu dekat ini kita juga akan mengadakan apel bersama. Apel kebangsaan bersama seluruh organisasi kepemudaan untuk meneguhkan bahwa Banten ini sudah NKRI harga mati,” paparnya. (*)

TAG bin
Komentar
Tag Terkait