Desember, Serang dan Cilegon Akan Diguyur Hujan

Ilustrasi. (Dok: Indragiri)Ilustrasi. (Dok: Indragiri)

SERANG, TitikNOL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang memprediksi di bulan Desember 2018, Wilayah Serang dan Cilegon akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin kencang.

Kasi data dan informasi BMKG Serang Tarjono, mengatakan musim penghujan yang dapat disertai angin kencang yang melanda Wilayah Cilegon dan Serang ini diprediksi puncaknya pada akhir Januari dan akhir Februari 2019 mendatang.

Untuk beberapa daerah di Provinsi Banten seperti Lebak bagian tengah dan selatan, sejak dasarian I bulan Oktober 2018 juga sudah memasuki musim penghujan.

"Untuk Serang dan Cilegon awal musim hujan diprediksi masuk pada dasarian ke II bulan Desember. Secara umum puncak musim hujan diprediksi akan terjadi di akhir bulan Januari - Februari 2019," kata Tarjono kepada Titiknol, Rabu (28/11/2018).

Tarjono juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan tenang menghadapi musim penghujan ini. Karena dampak dari musim hujan atau kejadian hidrometeorologi biasanya adalah bahaya banjir dan tanah longsor Serta pohon tumbang.

"ketika terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang sebaiknya jangan berlindung atau berteduh dibawah pohon dan baliho," katanya.

Dirinya juga meminta kepada OPD terkait agar segera melakukan antisipasi dari dampak musim penghujan tersebut.

"Oleh karena itu untuk meminimalisir bahaya tersebut sebaiknya dilakukan pembersihan dan pembenahan drainase, serta pemangkasan pohon-pohon besar yg sudah tua atau rapuh," ujarnya. (Tolib/TN3)

Komentar