Dinkes akan Tes Swab Tetangga dan Keluarga Pasien Positif Covid-19 di Lebak

Ilustrasi. (Dok: Kompas)
Ilustrasi. (Dok: Kompas)

SERANG, TitikNOL - Juru bicara covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr. Ati Pramudji Hastuti mengaku akan melakukan tracing kontak dan pemeriksaan swab kepada orang-orang yang kontak erat dengan pasien S (39), warga Kecamatan Cihara yang positif covid-19.

"Dinkes Lebak akan melakukan tracing kontak dengan pemeriksaan swab kepada orang yang pernah kontak erat dengan pasien, baik di lingkungan keluarga, tetangga maupun Rumah Sakit malimping, dimana pasien pertama kali dirujuk," kata Ati, Jumat (22/5/2020).

Menurut Ati, saat ini pasien S (39) sudah dalam perawatab di RSUD Banten khusus covid-19. Sementara potensi tertularnya karena pasien sering berkumpul dengan warga di kampungnya yang suka keluar kota.

"Riwayat kemungkinan kontak sering kumpul dengan warga yang suka keluar kota," ungkapnya.

Ati menjelaskan, banyaknya aktivitas keluar rumah jelang lebaran, mengakibatkan jumlah warga yang positif terpapar Covid-19 meningkat hingga 42.

"42 positif pada Rabu itu berasal dari Kota Tangsel sebanyak 34 pasien dirawat di RS di wilayah Jakarta, Kota Tangerang sebanyak 5, pasien dirawat di RS di wilayah Banten dan kabupaten Tangerang sebanyak 3, pasien di rawat di RS wilayah Banten," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar