Dinkes Kota Serang Catat Ada Tiga Warga Diduga Terpapar Omicron

Ilustrasi. (Dok: Detik)
Ilustrasi. (Dok: Detik)

SERANG, TitikNOL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang mencatat saat ini ada tiga warga Kota Serang diduga terpapar atau probable varian Covid-19 Omicron.

Kepala Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanuddin mengatakan, ada tiga kasus probable Covid-19 varian omicron yang kini tengah dipastikan melalui uji laboratorium di Litbangkes Jakarta.

“Ketiganya diduga terpapar seusai liburan. Tidak bisa dipungkiri Kota Serang ini sudah ada tiga probable Omicron. Namun itu belum dipastikan positif omicron, ya," kata Kadinkes Ahmad Hasanudin.

Hasanudin, menjelaskan ketiga pasien itu memerlukan pemeriksaan lanjutan melalui Whole Genome Sequences (WGS) yang membutuhkan waktu 14 hari untuk mengetahui hasilnya.

"Harus diperiksa lagi, untuk pemeriksaan itu membutuhkan waktu 14 hari atau dua minggu. Jadi, belum mendapatkan informasi lagi apakah itu (dari varian) omicron atau bukan," ungkapnya.

Kemungkinan ketiganya ini merupakan usia produktif, diduga habis berpergian dari daerah lain pada saat natal dan tahun baru. Ia juga meminta masyarakat harus meningkatkan kembali prokes sebagai langkah efektif menekan penyebaran wabah Covid-19.

"Sekarang ini kita harus benar-benar waspada sudah mulai banyak lagi Covid-19. Soalnya, Covid-19 dengan Omicron tak jauh berbeda gejalanya," tegasnya.

Berdasarkan data Dinkes Kota Serang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit empat orang, 68 orang masih menjalani isolasi, 6.726 orang sembuh dan 137 meninggal dunia. (Gat/TN)

Komentar