Disnaker Kota Cilegon Ragukan Komitmen PT KS Dalam Rekrutmen Tenaga Kerja

Suasana Hearing Komisi II bersama manajemen PT Krakatau Steel dan Disnaker Kota Cilegon di ruang rapat DPRD Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)
Suasana Hearing Komisi II bersama manajemen PT Krakatau Steel dan Disnaker Kota Cilegon di ruang rapat DPRD Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkot Cilegon mengaku ragu dengan komitmen PT Krakatau Steel (KS) dalam perekrutan tenaga kerja. Dimana PT KS berjanji akan merekrut 70 persen karyawan asal Kota Cilegon.

Hal ini diketahui ketika Disnaker dan PT KS menghadiri rapat dengar pendapat (hearing) dengan Komisi II DPRD Cilegon, Selasa (18/10/2016). Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Cilegon, Muhibin mengaku pihaknya siap pengawal proses rekrutmen di PT KS.

"Sebenarnya saya meragukan PT KS akan memenuhi permintaan 70 persen penerimaan karyawan warga Kota Cilegon," kata dia.

"Terlepas teknisnya seperti apa, pokoknya Pemkot Cilegon meminta kepada PT KS agar menerima karyawan 70 persen warga Kota Cilegon," tegasnya.

Komisi II DPRD Kota Cilegon meminta PT KS agar komitmen dalam rekrutmen tenaga kerja.

"PT KS itu jangan bikin polemik lagi dalam penerima karyawan seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Maka dengan itu, saya tekankan kepada PT KS harus mengutamakan warga Kota Cilegon yakni 70 persen dalam rekrutmen karyawan," tegas Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik.

Untuk memastikan apakah penerimaan karyawan oleh PT KS benar-benar mengutamakan warga Kota Cilegon atau tidak, lanjut Hasbi, pihaknya akan memantau setiap ada rekrutmen karyawan di perusahaan PT KS tersebut.

"Jadi permintaan 70 persen karyawan ini untuk menindaklanjuti kebijakan Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi untuk menekan angka pengangguran," jelasnya.

Sementara General Manager HC Planning & Development PT KS, Mujono Katam mengaku akan segera menyampaikan hasil rapat tersebut ke jajaran direksi.

"Nanti akan saya sampaikan ke direksi terkait permintaan. Tapi yang jelas rekrutmen yang rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini kita membutuhkan sebanyak 278 orang karyawan," katanya singkat sembari meninggal awak media. (Ardi/Quy)

Komentar