Distanak Banten Gelar Kontes Kerbau

Ilustrasi. (Dok: jalan2)
Ilustrasi. (Dok: jalan2)

SERANG, TitikNOL - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten menggelar kontes kerbau dan pameran ternak tingkat Provinsi Banten.

Kepala Distanak Agust Tauchid mengatakan, kontes kerbau dan pameran ternak akan dipusatkan di kawasan Banten Agro Techno Park Curug, Kota Serang, pada 6-7 September. Lomba akan diikuti dari 8 kabupaten dan kota se-Provinsi Banten.

“Kontes ini upaya mencari bibit kerbau terbaik sebagai sumber plasma nutfah terbaik di Banten,” kata Agus kepada wartawan, Senin (29/8/2016).

Lebih lanjut, Agus mengatakan, kegiatan sudah dianggap sebagai hari raya penggembala kerbau. Karena menurut mereka saat itulah semua perhatian tertuju pada peternak kerbau.

“Pada kegiatan ini semua peternak kerbau akan berkumpul. Mereka juga dapat bertukar pikiran tentang penanggulangan hambatan beternak kerbau ke depan dan bisa berdiskusi tentang tren harga menjelang Idul Adha,” katanya.

Banten sendiri telah dijadikan sebagai salah satu sumber bibit kerbau nasional. Dimana ketersediaan ternak kerbau di Banten dalam satu tahun mencapai 144 ribu ekor, tersebar di Lebak, Pandeglang, Serang dan Kabupaten Tangerang. (Meghat/quy)

Komentar