Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Dua Desa di Lebak Putus

Jembatan putus akibat luapan banjir. (Foto: TitikNOL)Jembatan putus akibat luapan banjir. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Jembatan utama penghubung dua desa antara Desa Umbuljaya dan Desa Bojongjuruh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, putus akibat diterjang banjir.

Putusnya jembatan itu, karena hujan deras yang melanda wilayah setempat sejak kemarin siang. Sehingga sungai Cibodas meluap dan banjir menerjang jembatan utama hingga terputus.

Akibatnya, akses jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua.

"Penyebabnya selain kondisi jembatan yang sudah tua, permukaan sungai naik karena hujan deras menyebabkan banjir. Saat banjir bekas potongan pohon bambu dan kayu - kayuan terbawa dan menerjang jembatan hingga putus," ujar Ahmad Yani warga setempat kepada TitikNOL, Jumat (22/3/2019).

Menurutnya, setiap musim hujan jembatan itu selalu terendam banjir. Namun, meski kondisi jembatan memprihatinkan, belum pernah ada perbaikan.

"Jembatan itu berada di jalan utama penghubung dua desa, maka kalau tidak cepat ditangani dan dilakukan perbaikan, secara otomatis roda perekonomian warga di dua desa terganggu," imbuhnya.

Terpisah, Kaprawi kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, mengakui belum mendapat laporan terkait terputusnya jembatan akibat diterjang banjir tersebut.

Kendati demikian, Kaprawi berjanji akan segera menerjunkan relawan BPBD Lebak di Kecamatan Banjarsari untuk ke lokasi.

"Belum, saya belum mendapat informasi soal jembatan yang putus karena banjir. Kita akan turunkan relawan BPBD di sana (Kecamatan Banjarsari, red) untuk melakukan pengecekan, terima kasih informasinya, kang," tukas Kaprawi. (Gun/TN1)

Komentar