Dituding Adu Domba Nelayan, PT Cemindo Kembali Didemo

Himpunan Nelayan Muara Madur (HINAMMA) saat melakukan aksi unjuk rasa di area dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)Himpunan Nelayan Muara Madur (HINAMMA) saat melakukan aksi unjuk rasa di area dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Ratusan nelayan yang tergabung dalam organisasi Himpunan Nelayan Muara Madur (HINAMMA), melakukan aksi unjuk rasa di area dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa (19/2/2019).

Dalam aksinya, nelayan menolak kebijakan pihak perusahaan dermaga, yang telah sepihak memutus kontrak perusahaan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang lama dan menggantinya dengan perusahaan TKBM yang baru.

Menurut pendemo, dengan digantinya perusahaan yang lama oleh yang baru, bisa menimbulkan kesenjangan sosial di kalangan masyarakat nelayan.

Dalam aksinya, para nelayan menggunakan perahu sambil membentangkan spanduk protes dan melakukan aksi di tengah laut di sekitaran dermaga.

"Aksi demonstrasi ini dilakukan sebagai kekecewaan kami kepada PT.Cemindo Gemilang yang mengambil jebijakan sepihak dan adanya upaya adu domba sesama nelayan yang mengakibatkan akan timbulnya gejolak sosial di masyarakat nelayan," ujar salah satu nelayan dalam aksinya.

Menurut para nelayan, kebijakan baru itu akan berdampak terhadap terusirnya para nelayan di Bayah.

"Kalau TKBM diganti, kami terancam terusir. Makanya kami minta agar kebijakan itu dikaji ulang," ujar Didi, pendemo lainnya.

Pantauan di lokasi aksi, para nelayan menyandarkan puluhan perahu di area Terminal khusus Milik PT.Cemindo Gemilang sambil berorasi. (Rian/TN1)

Komentar