DLH Beri Bakal Sanksi Warga yang Kepergok Buang Sampah Sembarangan

Temuan sampah di salah satu titik di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)Temuan sampah di salah satu titik di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Banyaknya temuan masyarakat yang membuang sembarang di sejumlah titik lokasi di wilayah Kota Serang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, menempatkan sejumlah petugas kebersihan di lokasi tersebut untuk mengawasi warga buang sembarangan.

Kepala DLH Kota Serang Ipiyanto mengatakan, sejauh ini tingkat kesadaran warga masih rendah untuk membuang sampah ke tempat pembuangan sampah atau TPS yang sudah disediakan.

"Dari kondisi Kota Serang, tingkat kesadarannya belum maksimal. Mereka tidak memahami arti kebersihan dampak dari buang sampah sembarangan berdampak banjir dan polusi udara," kata Ipiyanto, Selasa (24/9/2019).

Sejauh ini, banyak ditemukan masyarakat membuang sampah ke sungai melalui jembatan dengan melemparnya.

"Beberapa lokasi yang kami lihat sering dilakukan masyarakat dibeberapa tempat sampah liar. Penempatan petugas ini salah satu upaya penertiban memberikan pemahaman kepada masyarakat buang sampah harus ke TPS," ungkapnya.

Sanski pun akan diberikan kepada masyarakat yang membuang sampah, dengan memberikan peringatan dan sanksi sosial kepada warga yang kedapatan membuang sampah ke sungai.

"Sanski kami berikan warga harus memungut kembali sampah yg sudah dibuang, dan harus membuang sampah ke TPS dan diberikan peringatan agar tidak membuang sampah sembarangan," lanjutnya.

Penempatan petugas ini tentunya diharapkan bisa memberikan efek jera kepada masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

"Ini merupakan salah satu mengantisipasi kepada masyarakat untuk mengingatkan dan memberikan efek jera kepada masyarakat yg membuang sampah tidak pada tempatnya," tegasnya. (Gat/TN1)

Komentar