DLH Tindaklanjuti Keluhan Stockpile Batubara SDN II Pamubulan

Stockpile (penyimpanan) batu bara di samping gedung SDN 2 Pamubulan Desa Pamubulan Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)
Stockpile (penyimpanan) batu bara di samping gedung SDN 2 Pamubulan Desa Pamubulan Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak melakukan pengecekan lokasi stockpile batubara di samping SDN II Pamubulan, Desa Pamubulan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Lingkungan Hidup DLH Lebak Iwan Sutikno mengatakan, pengecekan dilakukan sebagai tindak lanjut atas keluhan dari pihak sekolah terkait keberadaan stockpile batubara milik pengepul.

"Kita kroscek kelapangan dengan DLH provinsi. Untuk menggali informasi dan mencocokan pengaduan dengan dilapangan," kata Iwan melalui sambungan telepon seluler kepada TitikNOL, Rabu (21/11/2018).

Baca juga: Disimpan Dekat Sekolah, Penyimpanan Batubara Resahkan Siswa

Iwan mengungkapkan, proses pengecekan lapangan dilakukan kemarin. Pengecekan dilakukan dengan menemui warga setempat dan pihak sekolah.

"Kalau dari warga sebrang jalan lokasi stockpile mengaku enggak ada keluhan. Kalau dari sekolah ada keluhan," tegasnya.

Iwan menyampaikan, keluhan dari pihak sekolah atas keberadaan stockpile batubara itu merasakan panas dan batuk-batuk karena debu batubara.

Baca juga: Pihak SDN 2 Pamubulan Keluhkan Lokasi Stockpile Batubara

"Keluhan dari sekolah kita terima dan kita langsung komunikasikan kepada pengelolaanya saat itu dijaga pak Dedi. Kita minta supaya dia menutup atau melakukan pemagaran area lahan yang berdekatan dengan lingkungan sekolah," ujarnya.

Selain melakukan penutupan, pihaknya meminta pengelola agar melakukan penyiraman secara berkala. Supaya panasnya tidak langsung dirasakan warga sekolah.

"Jika tak dilaksanakan maka akan dilayangkan surat teguran. Selanjutnya, DLH akan minta supaya dikosongkan dan dipindahkan," tukasnya. (Gun/TN3)

Komentar