Dua Kapal Ferry Bersenggolan di Pelabuhan Merak

KMP Dorothy saat bersenggolan dengan KMP ALS Elisa di Pelabuhan Merak (Foto: Ist).KMP Dorothy saat bersenggolan dengan KMP ALS Elisa di Pelabuhan Merak (Foto: Ist).


MERAK, TitikNOL - KMP Dorothy bersenggolan dengan KMP ALS Elisa bersenggolan saat keduanya akan bersandar di dermaga IV dan V di Pelabuhan Merak, Senin (1/1/2018).

Informasi yang berhasil dihimpun, sekitar pukul 13:02 WIB, KMP Dorothy melakukan manuver keluar dermaga IV Pelabuhan Merak.

Setelah selesai muat di dermaga sampai 13:20 WIB, pihak kapal melaporkan ke petugas STC bahwa buritan KMP Dorothy tidak bisa terbuka karena kondisi terdorong angin dan arus dari selatan.

Pada pukul 13:35 WIB, KMP Dorothy mencoba manuver keluar kembali sesudah mendapat perintah aman dari petugas STC. Saat manuver mundur, buritan KMP Dorothy terseret arus dan angin mengarah ke dermaga V.

Tepat pada pukul 14:12 WIB, KMP Dorothy semakin terseret angin dan arus ke dermaga V dengan kondisi angin 17 knot arah barat daya.

Pukul 14:29 WIB, KMP Dorothy kembali melapor ke petugas STC bahwa KMP Dorothy sudah mencoba maju dengan full speed tetapi masih terseret ke dermaga V dan izin menurunkan jangkar agar menghidari tabrakan.

Meskipun berhasil menghidari tabrakan, namun KMP Dorothy akhirnya terjadi bersenggolan dengan KMP ALS Elisa.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Fahmi Alweni, membenarkan telah terjadi senggola antara KMP Dorothy dengan KMP ALS Elisa di Pelabuhan Merak.

"Kejadiannya antara di dermaga IV dan V, karena terbawa arus ombak yang kencang. Kejadian 1/5 jam yang lalu tapi sudah selesai dan tak ada korban jiwa pada kejadian tersebut," katanya singkat saat dikonfirmasi wartawan.

Sementara itu, Ketua Gapasdap Merak Togar Napitupulu, hingga kini belum dapat dikonfirmasi wartawan terkait insiden tersebut. (Ardi/red).


Komentar