Dua Wilayah Industri di Banten Penyumbang Tertinggi Angka Pengangguran

Ilustrasi. (Dok: Liputan6)Ilustrasi. (Dok: Liputan6)

SERANG, TitikNOL - Dua wilayah industri di Provinsi Banten menjadi penyumbang terbesar angka pengangguran. Keduanya berads di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Sementara itu, Kabupaten Serang menjadi penyumbang tertinggi dengan angka 10,65, disusul tertinggi kedua Kota Cilegon dengan angka 9,68 persen.

Meski demikian, Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana mengatakan, Kabupaten Serang mengalami penurunan angka pengangguran di bandingkan Agustus tahun sebelumnya.

"Kabupaten Serang saat ini memang sudah mengalami perbaikan pada tahun lalu Agustus 2018 angka 12,58 persen menjadi 10,65 persen berarti turun sekitar 2 persen," katanya kepada awak media di Serang, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Banten Raih Predikat Pertama Angka Pengangguran Tingkat Nasional

Seperti diketahui, Kota Cilegon dikenal dengan Kota seribu industri di Banten. Bahkan perusahaan raksasa baja (Krakatau steel) terdapat di Kota tersebut.

Bukan hanya itu, Kota Cilegon juga memiliki pelabuhan kapal terbesar di Banten (Pelabuhan merak) dan juga banyak industri lainnya.

Tidak hanya Cilegon, Kabupaten Serang juga merupakan daerah industri terutama terletak di Kawasan Cikande Modern.

Kawasan Cikande modern yang terletak di Wilayah Kabupaten Serang memiliki beberapa perusahan besar Seperti Nikomas dan Indah kiat. (Lib/TN1)

Komentar