Dugaan Pencemaran Limbah PT Cemindo Gemilang, DLH Lebak Siap Terjunkan Petugas ke Lokasi

Drainase yang teraliri limbah cair dari pabrik semen merah putih PT. Cemindo Gemilang, limbah cair yang mengakir diduga mencemari Kali Cibayawak. (Dok: TitikNOL)Drainase yang teraliri limbah cair dari pabrik semen merah putih PT. Cemindo Gemilang, limbah cair yang mengakir diduga mencemari Kali Cibayawak. (Dok: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Lebak siap melakukan pengecekan ke pabrik Semen Merah Putih milik PT. Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah yang dikeluhkan warga karena diduga menimbulkan pencemaran limbah.

Pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh terkait dokumen perizinan dan sampel limbah oleh petugas DLH.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lebak Nana Sunjana mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup sudah mendapatkan informasi keluhan warga Kampung Sindang Laut, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah di berita media online berkaitan dengan dugaan pencemaran limbah pabrik semen.

Baca juga: Manajemen PT Cemindo Gemilang Bantah Tudingan Pencemaran Sungai

Petugas DLH akan melakukan pengecekan dengan mendatangi lokasi seperti dikeluhkan warga. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi sebenarnya di lapangan berkaitan dengan dugaan pencemaran limbah.

DLH Lebak akan menerjunkan petugasnya dalam waktu dekat. Namun kepastian soal waktu masih menunggu kesiapan petugas.

"Setiap informasi baik melalui berita media ataupun pengaduan langsung, kita akan tindaklanjuti dan terjunkan petugas untuk melakukan pengecekan ke lokasi yang dikeluhkan. Syukur lebih bagusnya Camat Bayah berkirim surat soal dugaan pencemaran limbah PT. Cemindo Gemilang itu kepada kami (DLH),"ujar Nana Sunjana kepada TitikNOL, Jumat (5/10/2018).

Menurutnya, dalam pemeriksaan dan pengecekan dugaan pencemaran limbah cair yang disebut berasal dari PT. Cemindo Gemilang semua tahapan akan dilakukan sehingga tidak merugikan lingkungan dan menyalahi prsedur dan ketentuan.

"Kita akan ambil sampel limbahnya dan akan kita lakukan uji laboratorium,"tegas Kadis DLH.

Kendati demikian, Nana Sunjana mengaku, dirinya belum mengetahui limbah cair yang mengalir melalui
Drainase itu ke Kali Cibayawak yang disebut berasal dari PT. Cemindo Gemilang tersebut limbah apa. (Gun/TN3)

Komentar