Dugaan Pencemaran Limbah PT Cemindo, Uji Lab Sampel Air Dinilai Lambat

Kepala BLHD Banten Husni Hasan tengah menjelaskan soal uji lab sample air terkait dugaan pencemaran limbah PT Cemindo Gemilang, saat ditemui di Masjid Raya Albantani, Jumat (9/9/2016). (Foto: TitikNOLKepala BLHD Banten Husni Hasan tengah menjelaskan soal uji lab sample air terkait dugaan pencemaran limbah PT Cemindo Gemilang, saat ditemui di Masjid Raya Albantani, Jumat (9/9/2016). (Foto: TitikNOL

SERANG, TitikNOL - Uji laboratorium terhadap sampel air dan sedimentasi terkait dugaan pencemaran limbah PT Cemindo Gemilang hingga kini belum rampung. Padahal, pengambilan sampel sudah dilakukan sejak awal Agustus lalu.

"Belum ada, hasilnya belum keluar, masih diuji lab," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten, M Husni Hasan, ditemui seusai Sholat Jumat, di Masjid Raya Albantani, KP3B, Kota Serang.

Baca juga: BLHD Banten Mandul, ‎Kasus Limbah Cemindo Mandeg

Husni tak menjelaskan secara gamblang alasan kenapa Media Lab yang ditunjuk BLHD tersebut belum juga menyelesaikan pengujian. Ditanya soal kendala, Husni juga tak menjawabnya.

"Ya kan sedang diuji, itu nanti kalau sudah selesai mereka juga pasti menyampaikan, enggak mungkin ditutup-tutupi, buat apa juga kan. Tim kami juga komunikasi terus dengan ahli di sana," tukasnya.

Ia berjanji akan menyampaikan hasil uji sampel tersebut. "Pokoknya kalau semuanya sudah selesai, enggak perlu ditanya-tanya lagi, saya sendiri yang akan sampaikan," katanya.

Sebelumnya, tim BLHD Banten melakukan sidak ke PT Cemindo Gemilang pada 4 Agustus 2016 menindaklanjuti aduan masyarakat terkait dugaan pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah clinker ke laut. Dalam sidak, tim mengambil sampel air untuk mengetahui kandungannya. (Kuk/rif)

Komentar