Duh! Lagi-lagi, PT Cemindo Gemilang Buang Limbah ke Laut

Warga tengah memeriksa saluran air yang mengandung limbah oli yang diduga berasal dari perusahaan PT Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)Warga tengah memeriksa saluran air yang mengandung limbah oli yang diduga berasal dari perusahaan PT Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Sejumlah warga di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, mengeluhkan limbah oli yang mengalir di saluran air yang ada di wilayah mereka.

Warga menyebut, jika oli itu berasal dari perusahaan PT Cemindo Gemilang, perusahaan semen merk Merah Putih yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal warga.

Dikatakan Kepala Desa Darmasari Ahmadyani, limbah oli itu dibuang ke saluran air yang alirannya mengarah ke laut. Dirinya pun mengaku sering mendapatkan aduan dari warga dan nelayan.

"Banyak nelayan yang mengadu ke saya soal limbah itu. Mereka khawatir jika limbah itu akan mecemari laut," ujar Ahmadyani saat dihubungi wartawan belum lama ini.

"Awalnya warga menyangka itu limbah batu bara. Tapi setelah saya cek ke lokasi, itu ternyata limbah oli," tambahnya.

Baca juga: Buang Limbah ke Laut, Aktivis Lingkungan Minta Izin Dermaga Cemindo Dievaluasi

Dia pun meminta, agar PT Cemindo Gemilang tidak sembarangan membuang limbah. Karena selain merugikan warga, lingkungan pun akan rusak. Terlebih lokasi pabrik berada tidak jauh dari pemukiman.

"Saya berharap PT Cemindo tidak sembarangan membuang limbah, karena akan merusak lingkungan dan merugikan warga," tukasnya.

Hingga saat ini, wartawan belum mendapatkan tanggapan dari PT Cemindo Gemilang.

Pantauan wartawan di lokasi, limbah oli itu ditampung terlebih dahulu di bak penampung dekat lokasi pabrik. Kemudian, limbah yang sudah penuh di bak penampung dialirkan ke selokan yang ternyata mengarah ke laut. (Ryan/red)

Komentar