Embay Kenang Uwes Qorny Sebagai Sosok Pejuang

Calon Wakil Gubernur Banten Embay Mulya Syarif saat Ziarah ke makam Uwes Qorny yang berada di komplek pemakaman Pasir Kaum, Kabupaten Lebak, Selasa (4/10/2016). (Foto: TitikNOL)Calon Wakil Gubernur Banten Embay Mulya Syarif saat Ziarah ke makam Uwes Qorny yang berada di komplek pemakaman Pasir Kaum, Kabupaten Lebak, Selasa (4/10/2016). (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Almarhum Uwes Qorny dikenal Embay Mulya Syarif sebagai sosok pejuang tangguh. Uwes gigih memperjuangkan pembentukan Banten menjadi provinsi, dimana harapan Banten berpisah dari Provinsi Jawa Barat semakin meredup.

Hal ini diungkapkan bakal calon Wakil Gubernur Banten Embay Mulya Syarief, usai berziarah ke makam Uwes di komplek pemakaman Pasir Kaum, Kabupaten Lebak, Selasa (4/10/2016). Pendamping Gubernur Banten petahana Rano Karno ini, mengaku mengenal Uwes Qorny sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kemudian saat Embay memasuki bangku kuliah, ia kembali bertemu dengan Uwes yang telah menjadi senior di organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI).

Baca juga: Embay Isi HUT Banten dengan Ziarah ke Makam Tokoh Pendiri

"Saya bertemu Uwes di pergerakan, saat itu dia sudah menjadi senior. Beliau sosok yang gigih memperjuangkan Banten menjadi provinsi melalui media massa yang ada di Jabar dan pusat. Waktu itu di Banten belum ada koran. Saya ingat waktu itu beliau, Kak Hasan Alayidrus, serta para senior lainnya,” kenang Embay.

Sekitar 1960 hingga 1998, kata Embay, bola pembentukan Provinsi Banten nyaris keluar lapangan. Namun Uwes Qorny dan Hasan Alayidrus tetap kencang memperjuangkan pembentukan Provinsi Banten.

Barulah di era reformasi ketika Presiden BJ Habibie memimpin Indonesia, bola kembali memantul ke lapangan. Saat itu, Embay melihat peluang ketika Presiden Habibie berkunjung ke Ponpes Daarul Iman pimpinan Almarhum KH. Aminudin.

Saat kunjungan itu, kata Embay, ia melalui KH. Aminudin meminta empat hal kepada Presiden Habibie. Yakni Banten menjadi provinsi, adanya perguruan tinggi negeri di Banten, Cilegon menjadi Kota Madya, serta pemekaran Banten Selatan.

"Dari empat permintaan itu, Alhamdullilah tiga sudah terlaksana. Hanya tinggal pemekaran Banten Selatan yang belum. Maka kita Insya Allah akan mempercepat pemekaran Banten Selatan menjadi Kabupaten Cilangkahan," tegas Embay. (Gun/Quy)

Komentar