Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Bayah Dilantik

Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Camat Bayah Suyanto, di aula kantor Kecamatan setempat, Rabu (3/5/2017) (Foto: TitikNOL)Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Camat Bayah Suyanto, di aula kantor Kecamatan setempat, Rabu (3/5/2017) (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL – Forum pengurus Karang Taruna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Camat Bayah Suyanto, di aula kantor kecamatan setempat, Rabu (3/5/2017)

Gusriyan Rochmanudin, ketua FKT kecamatan Bayah usai pelantikan mengatakan, dibentuknya forum karang taruna merupakan amanah Permensos RI nomor 77/Huk/2010 tentang pedoman karang taruna.

Sehingga lanjutnya, wajib dibentuk di setiap kecamatan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi, konsultasi, koordinasi, asistensi dan distribusi informasi antar pengurus karang taruna dalam lingkup kecamatan.

Kata Gusriyan, pelantikan forum pengurus karang taruna kecamatan Bayah periode 2017-2022 itu mengambil visi lima tahun kedepan "Mewujudkan persatuan pengurus karang taruna melalui pembinaan dan pemberdayaan potensi yang berprestasi, kompeten, beriman dan berakhlak", yang mana implikasinya diharapkan mampu memberikan perubahan manajemen organisasi dan administrasi karang taruna di setiap desa yang mumpuni dan memiliki kepedulian terhadap tatanan sosial lingkungan.

Dalam momentum pelantikan forum Pengurus karang taruna kecamatan Bayah periode 2017-2022 juga, dilakukan pembacaan dan penandatanganan 11 fakta kesetiakawanan sosial atau fakta integritas dari ketua karang taruna desa se kecamatan Bayah.

"Esensial dari fakta integritas tersebut adalah telah terdapat kesamaan gagasan, pergerakan dan kegiatan bersama baik dalam hal sosial, lingkungan, ketenagakerjaan dan pengawasan kebijakan pemerintah, serta swasta yang berhubungan langsung dengan kepentingan umum. Selain itu bahwa ada kebersamaan dalam upaya pencegahan KKN dan asistensi perkara hukum warga taruna dengan tetap berlandaskan azas objektifitas dan tata beracara. 11 Fakta integritas tersebut ditandangani dan berstempel karang taruna 11 desa di kecamatan Bayah," beber Gusriyan.

Sementara itu, dalam waktu bersamaan, dilaksanakan pula temu karya satu karang taruna kecamatan Bayah 2017, yang merupakan kali pertama dilakukan di karang taruna tingkat kecamatan.

Di tempat yang sama, Camat Bayah Suyanto dalam sambutannya, mengapresiasi dibentuknya forum karang taruna. Dirinya berharap forum itu mampu menjaga persaudaraan dan membantu pemerintah kecamatan dalam upaya-upaya pengentasan masalah sosial dan dinamika Bayah yang semakin maju. (Gun/rif)

Komentar