Gadis Penderita Tumor Ganas di Lebak Akhirnya Meninggal Dunia

Sejumlah kerabat saat menyaksikan proses penguburan Ika Kartika (22) gadis penderita tumor ganas di TPU Desa setempat. (Foto: TitikNOL)Sejumlah kerabat saat menyaksikan proses penguburan Ika Kartika (22) gadis penderita tumor ganas di TPU Desa setempat. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Ika Kartika (22) gadis penderita tumor ganas warga Desa Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak akhirnya meninggal dunia, pada Selasa (25/10/2016).

Dua tahun lamanya, Ika Kartika menahan rasa sakit di bagian perutnya yang membesar seperti sedang hamil sembilan bulan. Kini pasien miskin itu sudah meninggal dunia akibat penyakit yang ia derita.

Tidak adanya perhatian dari pemerintah membuat gadis muda penderita tumor ganas itu terus menahan sakit hingga bertahun-tahun dan akhirnya pergi untuk selamanya.

Meski memiliki kartu BPJS kesehatan, namun pasien miskin itu tidak mendapat pengobatan semestinya. Selama Ika Kartika dirawat, penanganan hanya berupa penyedotan cairan yang ada diperutnya dan tidak ada tindakan operasi.

Tak jarang pula pihak rumah sakit memberikan resep obat yang tidak ditanggung BPJS dengan biaya penebusan obat yang cukup mahal. Akibat tidak punya biaya, Ika Kartika pun meminta untuk dirawat di rumah tanpa mengkonsumsi obat-obatan.

Menurut Ika Rustiani, kaka kandung korban, Ika Kartika adiknya sempat dirujuk ke rumah sakit Cipto Jakarta.

"Selama dua minggu dirawat, adik saya hanya diberi infus dan penyedotan cairan di dalam perut. Terlalu lama di rumah sakit, kondisi keuangan keluarga kami makin menipis, akhirnya adik saya dibawa pulang ke rumah dan kami rawat seadanya," ujar Ika.

Kini keluarga almarhumah Ika Kartika mengaku pasrah dengan kepergian salah satu keluarga untuk selama-lamanya. Mereka sudah berupaya untuk membantu pengobatan Ika Kartika meski dengan sekedarnya.

"Keluarga kami hanya bisa pasrah, keluarga sudah berupaya mengobati tapi takdir menentukan lain," tukasnya. (Gun/Rif)

Komentar