Gas Bocor di Blast Furnace, Ini Penjelasan PT Krakatau Steel

Asap gas terlihat mengepul di cerobong blast furnace PT KS.(istimewa).
Asap gas terlihat mengepul di cerobong blast furnace PT KS.(istimewa).

CILEGON, TitikNOL - Warga di sekitar pabrik baja PT Krakatau Steel (KS), dihebohkan dengan adanya gas bocor. Dugaan gas bocor yang disertai keluarnya api itu bersumber dari cerobong blast furnace PT KS.

Foto kepulan asap disertai api tersebar dan viral di media sosial. Dalam foto itu, terdapat imbauan agar orang-orang khususnya karyawan pabrik harus memakai masker sebagai pelindung.

Saat dikonfirmasi, Senior External Communication PT KS, Vicky mengatakan, peristiwa itu sudah biasa terjadi saat ada kendala di bagian blast furnace. Kendala itu ia menyebut seperti pipa yang tersumbat.

"Namanya produksi kan ada lancar ada tidak, yang tadi itu adalah ada trouble di ujungnya sehingga itu terpaksa harus diflaring, dibuang. Kalau nggak diflaring meleduk pabriknya, malah jadi masalah di situ," jelasnya kepada wartawan di Cilegon, Rabu (19/6/2019).

Gas yang keluar dari cerobong buangan itu memang tidak normal dibanding biasanya. Hal itu lantaran ada pembuangan secara berlebihan untuk menyelamatkan produksi.

Bagian yang bermasalah berada di coke ove plant. Di sana, barang produksi yang dihasilkan adalah kokas atau batu bara yang digunakan untuk melebur baja.

"Mampetnya menuju di blast furnacenya, karena demonstratif keluar keliatan ke jalan jadi keliatan heboh, sebenernya nggak, biasa aja," katanya.

"Peristiwa itu terjadi selama kurang lebih satu jam. Saat ini, kondisi di blast furnace sudah normal kembali," tutur Vicky. (Ardi/TN1).

Komentar