Gas Meledak Saat Masak, IRT Dilarikan ke Rumah Sakit

Dua orang pemilik rumah terlihat membereskan puing-puing usai meledak akibat kebocoran gas. (Foto:TitikNOL)
Dua orang pemilik rumah terlihat membereskan puing-puing usai meledak akibat kebocoran gas. (Foto:TitikNOL)


          SERANG, TitikNOL - Rumah yang dihuni Aidun Dudung Herianto (47) di Perumahan Graha Asri Blok Dd1/1, Kota Serang, Jumat (7/7/2017), porak poranda diguncang ledakan yang diakibatkan kebocoran gas.

          Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, pemilik rumah bernama Renny Rubyarti (47) dilarikan ke RSUD dr Drajat Prawiranegara Kota Serang karena menderita luka bakar.

          Berdasarkan informasi, peristiwa ledakan berasal dari tabung gas 12 kg saat Renny hendak memasak. Saat akan menyalakan kompor, Renny tak merasa jika gas yang ada didekat kompor itu bocor. Ketika api dinyalakan, isteri dari Aidun ini kontan menjerit sambil teriak panas.

          Mendengar suara teriakan itu, Niko Andrianto, 22, salah satu anak korban lari ke luar kamar untuk mengetahui asal suara. Disaat itu Niko melihat api sudah menyambar keseluruh ruangan yang sudah terisi dengan gas dan terjadi ledakan.

          Akibatnya, rumah milik pensiunan PT Krakatau Steel ini porak poranda. Bahkan hampir seluruh plafon ruangan rumah ambrol.

          Renny yang menderita luka bakar pada kaki, tangan dan punggung serta rambut terbakar segera dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

          Kapolsek Serang Kota Kompol Irwanda, membenarkan kejadian tersebut dan memastikan jika peristiwa ledakan itu berasal dari kebocoran tabung gas. Kapolsek menegaskan tidak ada korban jiwa namun isteri pemilik rumah mengalami luka bakar.

          "Korban mengalami luka bakar, seperti bagian rambut, wajah juga," ungkapnya.

          Dalam kesempatan itu, Kapolsek menghimbau kepada ibu rumah tangga ataupun pembantu yang ingin memasakan jika mencium bau gas jangan menyalakan api.

          Langkah pertama adalah membuka seluruh jendela dan pintu atau gunakan kipas angin agar gas cepat terbuang ke luar.

          "Setelah udara dirasa aman, barulah cek kondisi tabung atau selang. Jika ditemukan kerusakan segera ganti," singkatnya. (Gat/red)

          Komentar