Gelar Musrembang, Desa Mekarsari Prioritaskan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes) yang digelar di Aula ruang rapat Kantor Desa Mekarsari, Rabu (3/3/2021). (Foto: TitikNOL)
Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes) yang digelar di Aula ruang rapat Kantor Desa Mekarsari, Rabu (3/3/2021). (Foto: TitikNOL)

PANDEGLANG, TitikNOL – Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, melakukan penetapan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan ini diberikan kepada warga yang terkena dampak Covid-19.

Jumlah warga penerima bantuan ditetapkan lewat Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes) yang digelar di Aula ruang rapat Kantor Desa Mekarsari, Rabu (3/3/2021).
Adapun jumlah warga yang bakal menerima bantuan mencapai 60 warga. Sementara dana untuk bantuan tunai tersebut dialokasikan dari Dana desa tahun anggaran 2021.

Kepala Desa Mekarsari Sukarna Jaya mengatakan, dalam Musrembangdes 2021 ini yang menjadi prioritas adalah bantuan kepada warga terdampak Covid-19.

“Pembangunan masih difokuskan pemberian BLT kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19,” ujar Sukarna jaya.

Sementara, Camat Pandeglang Engkos Kosasih, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan Musrembangdes diharapkan bisa menentukan atau mengusulkan program skala prioritas.

“Kami minta untuk mengemas kegiatan MusrenbangDes ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan skala prioritas pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2021 usulan prioritas skala desa, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam,” ucap Camat Panimbang ini.

Camat menyebut, pandemi membuat kegiatan pembangunan banyak yang tertunda. Namun demikian, dirinya meminta kepada pihak desa agar tetap mengusulkan program prioritas lainnya lewat Musrembang tingkat kecamatan.

Camat pun berpesan, agar pihak desa tetap maksimal dalam memberikan edukasi kepada masyarakat soal penerapan protokol kesehatan. Hal itu harus dilakukan, untuk menekan angka penyebaran covid-19 di wilayah tersebut. (Jang/TN1)

Komentar