Gelar Pelatihan Literasi, Siswa SMPN 1 Anyer Dilatih Jadi Penulis Cilik

Suasana pelatihan literasi sekolah, yang digelar di SMP Negeri 1 Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (16/10/2018). (Foto: TitikNOL)
Suasana pelatihan literasi sekolah, yang digelar di SMP Negeri 1 Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (16/10/2018). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - SMP Negeri 1 Anyer, Kabupaten Serang, menyelenggarakan pelatihan literasi sekolah, Rabu (16/10/2018). Dalam acara tersebut, ratusan siswa diajak mencintai bahan bacaan dan praktik menulis.

Kepala Sekolah SMPN 1 Anyer, Syahruddin Hasibuan mengungkapkan, membaca merupakan perintah Tuhan pertama yang harus dilakukan manusia.

"Maka perintah Nya, 'Iqra' atau membaca. Jadi siswa sekalian harus cinta dengan membaca. Membaca buku akan membuat pengetahuan terbuka," kata Syahruddin saat membuka acara di hadapan ratusan siswa.

Selain membaca, Syahruddin berharap siswa SMPN 1 Anyer juga mampu untuk menulis. Ia berharap siswa terampil menuliskan gagasan. Sebab, dua kemampuan itu, menurut dia, akan sangat bermanfaat untuk masa depan siswa.

"Semoga bekal ilmu pengetahuan bisa meningkatkan derajat para siswa di sini," harapnya.

Mentor literasi sekolah, Wahyu Arya menyampaikan bahwa kemampuan menulis bisa dilatih secara berkelanjutan dalam suasana yang menyenangkan. Ia menganalogikan, kemampuan menulis seperti sepeda motor.

Menurutnya, motor tanpa bensin tidak mungkin akan jalan. "Tanpa membaca, penulis akan sulit mengembangkan gagasan dan cerita, bukan?," tuturnya.

Dalam acara tersebut, Wahyu memberikan kesempatan siswa untuk membentuk kelompok, semacam tim redaksi kecil. Di dalamnya siswa dipilih berdasarkan peminatan. Ada yang bertanggung jawab menyiapkan tulisan, ada juga yang menyiapkan gambar atau foto dan ilustrasi, dan ada juga yang bertugas mengunggah tulisan.

"Kita buat mading digital. Adik-adik akan bertugas seperti reporter cilik," kata Wahyu.

Rencananya, pertemuan akan berlangsung dalam beberapa bulan secara rutin. Ia berharap pelatihan literasi akan menghasilkan produk mading digital sekolah yang baik. (Red)

Komentar