Gunakan Perahu, Nelayan Bayah Demo di Dermaga PT Cemindo Gemilang

Puluhan nelayan yang tergabung di HNB saat menggelar aksi menambatkan puluhan perahu di area dermaga milik PT Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)Puluhan nelayan yang tergabung di HNB saat menggelar aksi menambatkan puluhan perahu di area dermaga milik PT Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Puluhan nelayan yang tergabung di Himpunan Nelayan Bayah (HNB) Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, menggelar aksi unjuk rasa di areal Terminal Khusus (Tersus) milik perusahaan pabrik Semen Merah Putih PT.Cemindo Gemilang Indonesia (CGI) yang belum selesai pembangunannya namun sudah beroperasi, Jumat (20/1/2017).

Dalam aksinya, para nelayan menambatkan perahu mereka di dermaga sebagai bentuk protes. Para nelayan ini menuntut janji pihak PT. Cemindo Gemilang Indonesia (CGI), soal konpensasi yang telah dijanjikan oleh pihak perusahaan.

"Sengaja kami tambatkan perahu di Dermaga, kedatangan kami untuk menagih janji pihak PT. Cemindo Gemilang kepada nelayan Bayah," ujar Didi Korlap aksi kepada TitikNOL.

Menurutnya, janji yang tak kunjung ditepati oleh perusahaan adalah kejelasan soal konpensasi bantuan jaring, pembuatan tambatan dan penggantian kapal yang rusak akibat dampak pembangunan Dermaga.

"Semuanya (janji dari perusahaan) itu sudah ada di nota kesepakatan," terang Didi.

Saat menggelar aksi, tidak satupun perwakilan dari pihak perusahaan yang memproduksi Semen Merah Putih itu menemui para nelayan. Sigit Andriyana, Humas PT. Cemindo Gemilang Indonesia pun saat dimintai konfirmasi melalui pesan singkat, belum memberikan jawaban. (Gun/Rian/red)

Komentar