Gunung Anak Krakatau Berstatus Waspada Level 2

Gunung Krakatau. (Dok: Bantenwisata)
Gunung Krakatau. (Dok: Bantenwisata)

BANTEN, TitikNOL - Gunung Anak Krakatau saat ini berstatus waspada level 2.

Namun demikian, pos pemantau Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di Pasauran, Kabupaten Serang, menyatakan jika pesisir pantai Banten masih aman.

"Untuk aktifitas di pesisir pantai Banten atau Lampung saat ini masih aman," kata petugas Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau Deni, Senin (25/6/2018).

Kata Deni, Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda itu mengalami peningkatan aktivitas kegempaan sejak 18 Juni 2018.

Pos Pemantau merekam gempa sebanyak satu kali pada pukul 07.14 WIB tadi pagi.

"Memang Gunung Anak Krakatau sedang mengalami peningkatan aktivitas kegempaan sejak 18 Juni 2018. Kalau untuk setiap harinya belum merekam gempa letusan hanya untuk hari ini saja terekam satu kali gempa letusan," jelasnya.

Meskipun berstatus waspada, Deni menghimbau agar masyarakat, wisatawan, maupun nelayan diimbau tidak mendekat dengan radius 1 km dari Gunung Anak Krakatau.

"Jadi untuk masyarakat, nelayan, ataupun wisatawan sesuai rekomendasi dari vulkanologi tidak boleh mendekat dalam jarak radius satu kilometer dari pusat letusan," imbuhnya.

Peningkatan aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau lanjut Deni, merupakan siklus tahunan yang terjadi antara 1-4 tahun sekali.

"Untuk tahun ini, peningkatan itu merupakan siklus satu tahunan. Tahun lalu juga terjadi peningkatan serupa pada Februari 2017," ungkapnya. (Ardi/TN1).

Komentar