H-4, Kendaraan Pribadi Masih Mendominasi di Pelabuhan Merak

Kendaraan pemudik terlihat memadati Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)Kendaraan pemudik terlihat memadati Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Pemudik yang hendak menyeberang Pulau Sumatera terus memadati Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Pantauan wartawan pada Senin (11/6/2018) dini hari, ribuan kendaraan pribadi terlihat penumpuk di semua kantong parkir dermaga untuk menunggu giliran masuk ke kapal.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengungkapkan, sejak H-7 telah disebrangkan 6.000 unit kendaraan pribadi. Kemudian Minggu kemarin telah disebrangkan 13.000 unit.

"Malam inipun akan terjadi lonjakan, tapi kita belum pastikan ini adalah puncak untuk kendaraan pribadi, karena perilaku akan berbeda dengan 2017. Kalau 2017 puncak itu secara bersamaan, penumpang pejalan kaki, kendaraan pribadi, roda dua dan bis," kata Ferry.

"Kalau untuk arus mudik 2018 ini bisa berbeda, apakah puncaknya kendaraan pribadi bisa di H-6 atau malam ini atau juga di H-3. Kemudian untuk roda dua puncaknya bisa terjadi di H-3 atau H-4. Sementara untuk penumpang pejalan kaki puncaknya bisa besok malam," lanjutnya.

ASDP Merak sendiri saat ini telah mengoperasikan sebanyak 36 kapal untuk mengangkut pemudik yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Ardi/TN1).

Komentar