H-5 Lebaran, ASDP Merak Seberangkan 28 Ribu Pemudik Ke Pulau Sumatera

Pemudik menggunakan kendaraan pribadi di Pelabuhan Merak terlihat mengantre di tol gate tempat pembelian tiketPemudik menggunakan kendaraan pribadi di Pelabuhan Merak terlihat mengantre di tol gate tempat pembelian tiket

MERAK, TitikNOL - H minus lima menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, menyeberangkan sebanyak 28.533 pemudik tujuan Sumatera. Adapun jumlah trip kapal di lintas Merak-Bakauheni mencapai 63 trip per 12 jam.

Data yang dirilis PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak per 20 Juni 2017 pukul 08.00 WIB-20.00 WIB menyebutkan, jumlah pemudik pejalan kaki yang berhasil diseberangkan berjumlah 5.456 orang. Sedangkan jumlah penumpang di atas kendaraan mencapai 28.533 orang.

Selain penumpang pejalan kaki, jumlah kendaraan yang berhasil diangkut mencapai 4.991 dengan rincian roda 2 sebanyak 1.022 unit, kendaraan roda 4 sebanyak 3.165 unit dan bus berjumlah 223 unit. Sedangkan untuk truk mencapai 581 unit.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, jumlah pemudik yang menggunakan jasa Pelabuhan Merak ‎baru berkisar antara 50 sampai 70 persen. Pudji memprediksi, lonjakan penumpang akan terjadi pada 2 hari mendatang.

"Ternyata memang belum begitu besar jumlah penumpang yang sampai di Bakauheni. Ada kurang lebih baru muatannya 70 persen, jadi belum full, jadi diperkirakan 2 hari lagi terjadi lonjakan," katanya saat persiapan akhir menghadapi arus mudik di Pelabuhan Merak, Selasa (20/6/2017).

Dengan ditambahnya jumlah dermaga di Pelabuhan Merak, kepadatan yang biasa terjadi pada tahun-tahun sebelumnya mulai sedikit berkurang lantaran kendaraan roda dua pada arus mudik tahun ini dialihkan ke Dermaga VI.

"Dermaga ditambah kapal juga ditambah. Karena apa? Karena prediksi-prediksi penumpang juga makin bertambah, sehingga mudah-mudahan yang menjadikan mudik bareng guyub rukun itu bisa terwujud," harapnya. (Ardi/red).

Komentar