H-7, Pemudik Sudah Mulai Terlihat di Pelabuhan Merak

Para pemudik tujuan Sumatera hendak menuju kapal. (Foto: TitikNOL)Para pemudik tujuan Sumatera hendak menuju kapal. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Tujuh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, para pemudik dari Pulau Jawa sudah mulai terlihat dan  memadati Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Kepadatan terlihat dari penumpang pejalan kaki yang ingin menuju Pulau Sumatera.

Informasi yang dihimpun, pemudik mengaku lebih memilih pulang lebih awal, karena takut terjebak kemacetan dan menghindari saling berdesakan saat masuk ke dalam kapal seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya sengaja memilih mudik hari ini, agar lebih santai dan  lama berada  di kampung halaman,” kata Sakdiah, seorang pemudik asal Lampung Tengah, saat ditemui di Pelabuhan Merak, Rabu (29/6/2016).

Selain  penumpang pejalan kaki, pemudik sepeda motor dan kendaraan pribadi juga mengalami peningkatan.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi  Oetomo mengatakan, sejak H-12 hingga saat ini H-7, penumpang mengalami peningkatan jika dibandingkan pada hari yang sama pada angkutan mudik tahun lalu.

“Jadi saat ini penumpang pejalan kaki meningkat 37 persen, roda dua (sepeda motor) 48 persen dan kendaraan pribadi 19 persen,” jelas Mario.

Meskipun pemudik sudah mulai ramai, namun pihak ASDP masih mengoperasikan 27 kapal. (Ardi/rif)

TAG mudik
Komentar