Hadapi Libur Akhir Tahun, ASDP Merak Operasikan 6 Dermaga dan 64 Kapal

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: TitikNOL)General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2018, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menyiapkan sejumlah persiapan. Sebanyak 64 kapal dan 6 dermaga akan dioperasikan demi kelancaran arus liburan ujung tahun tersebut.

Pelabuhan Penyeberangan Merak sendiri saat ini berjumlah 7 dermaga. Namun ada satu dermaga yakni dermaga 4, yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan.

"Pada angkutan Natal dan Tahun Baru ini dermaga baru kami yakni dermaga 7 akan kami buka. Setelah selesai angkutan Natal dan Tahun Baru, dermaga 7 kami lanjutkan kembali tahap pembangunannya bersamaan dengan perbaikan dermaga 4," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni kepada wartawan di Merak, Kamis (13/22/2018).

Perlu diketahui, dermaga 7 saat ini masih dalam proses pembangunan. Namun, karena dermaga 4 tidak bisa digunakan maka pihak ASDP Merak akan menggunakan dermaga 7 agar tidak terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak.

Sementara itu, terkait jumlah kapal yang bakal dioperasikan, pihak ASDP sudah menyiapkan 69 kapal. Namun, 5 kapal sedang docking sehingga hanya 64 kapal yang siap beroperasi. Dari 64 kapal itu, kata Fahmi, pada 28 Desember mendatang, kapal-kapal di bawah 5.000 gross ton (GT) dilarang beroperasi.

"Kapal-kapal di bawah 5 ribu GT itu tidak diizinkan untuk berlayar sehingga nantinya kurang lebih tinggal 50 kapal. Tapi dalam perhitungan kami masih cukup," jelasnya.

"Dengan 50 kapal itu kita meyakini cukup untuk mengangkut para penumpang yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak," ujarnya. (Ardi/TN3).

Komentar