SERANG, TitikNOL - Dalam rangka memperingati HUT ke-80 Kereta Api Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta kembali menghadirkan layanan kesehatan gratis melalui Rail Clinic bagi masyarakat, yang kali ini dilaksanakan di Stasiun Serang.
Kegiatan sosial ini tidak hanya menjadi bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan masyarakat, namun juga menjadi sarana untuk memperkuat ikatan antara KAI dengan warga sekitar jalur kereta api.
Executive Vice President (EVP) Daop 1 Jakarta, Yuskal Setiawan, menyampaikan bahwa program Rail Clinic merupakan wujud nyata komitmen KAI dalam mendukung kualitas kesehatan masyarakat
“Kami ingin momentum HUT ke-80 KAI ini tidak hanya dirasakan melalui layanan transportasi, tetapi juga hadir langsung ke tengah masyarakat dengan memberikan manfaat sosial, khususnya di bidang kesehatan. Semoga kehadiran Rail Clinic mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga keselamatan di lingkungan perkeretaapian,” kata Yuskal.
Berbagai layanan kesehatan diberikan, mulai dari pemeriksaan kesehatan umum, gigi, ibu hamil, laboratorium sederhana, hingga pemeriksaan mata. Selain itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk anak-anak, serta pembagian paket sembako kepada warga sekitar.
“Kami juga memberikan bantuan kacamata untuk 50 anak anak SD, kita sudah tanya Dinas Kesehatan kita cek lagi kita sesuaikan dengan kebutuhannya dan kita berikan secara gratis,” tegasnya.
Ditempat yang sama Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menambahkan bahwa Rail Clinic juga menghadirkan Rail Library dengan koleksi bacaan anak dan dewasa, serta fasilitas e-library interaktif.
“Kami berharap masyarakat dapat merasakan manfaat ganda, tidak hanya dari sisi kesehatan tetapi juga dari aspek pendidikan dan literasi. Inilah bagian dari bakti KAI untuk negeri,” jelas Ixfan.
Kegiatan Rail Clinic ini didukung oleh puluhan tenaga kesehatan, termasuk dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga optik, hingga apoteker yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat secara gratis.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI121 di nomor 121, WhatsApp resmi 0811-222-33-121, atau melalui media sosial resmi KAI121 dan aplikasi Access by KAI.