Harga Bawang Putih Naik Dua Kali Lipat Jelang Puasa

Ilustrasi bawang putih. (Dok: Joglosemarnews)Ilustrasi bawang putih. (Dok: Joglosemarnews)

SERANG, TitikNOL - Harga bawang putih menjelang puasa di pasar induk Rau, Kota Serang, merangkak naik hingga dua kali lipat. Dari Rp22 ribu perkilogramnya, kini pedagang menjualnya dengan harga Rp42 ribu perkilogramnya.

Hal itu terungkap saat Gubernur Banten Wahidin Halim dan Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir bersama Satgas pangan Banten, melakukan inpeksi mendadak atau sidak harga sembako ke Pasar Induk Rau Kota Serang, Senin (29/4/2019).

"Sejauh ini harga relatif stabil, memang bawang putih harganya cukup tinggi satu komoditi itu saja, daging, telur relatif normal," kata Gubernur Banten Wahidin Halim.

Pria yang akrab disapa WH ini pun mengaku akan melakukan rapat pembahasan, mengenai harga sembako jelang puasa yang kerap naik ini, khususnya harga bawang putih yang naik dua kali lipat.

"Kami akan rapat besok membahas ini, kami juga minta Polda Banten untuk melakukan pengecekan soal distribusi bawang putih, naiknya dimana ini besok akan kami bahas bersama," tegasnya.

Pemprov Banten sendiri akan melakukan upaya interpensi kondisi harga bawang putih tersebut, dengan melakukan operasi pasar.

"Nanti bulog dengan kami akan melakukan operasi pasar untuk bawang putih," tegasnya. (Gat/TN1)

Komentar