Harga Bawang Putih Terus Meroket, Kini Rp80 ribu Perkilogram

Ilustrasi. (Dok: Alinea)Ilustrasi. (Dok: Alinea)

SERANG, TitikNOL - Memasuki bulan suci ramadan, harga Bawang Putih di Pasar Induk Rau, Kota Serang, terus merangkat naik berkali-kali lipat.

Saat ini, harga bawang putih mencapai Rp80 ribu perkilogramnya dari sebelumnya hanya Rp27 ribu perkilogramnya.

Iman, salah satu pedagang sembako di Pasar Rau, mengakui bahwa harga bawang putih terus mengalami kenaikan sejak memasuki bulan ramadan.

"Yang paling mahal bawang putih Rp80 ribu sekarang, dari seminggu sebelumnya paling geh naiknya, paling Rp40 ribu dan paling murah Rp24 ribu," kata Iman, Rabu (8/5/2019).

Iman mengaku tidak tahu faktor yang menyebabkan kenaikan tersebut. Yang pasti, kata Iman, setelah bawang putih melonjak harganya, sembako lainnya juga ikut naik.

"Kayak ombak laut, kadang naik kadang turun gak menentu. Gak tahu ya soal itu mah, ada yang nimbun kali ya, atau karena mau puasa atau lebaran," ungkapnya.

Saat ini, selain bawang putih, komoditi lainya pun ikut naik salah satunya harga cabai sekarang Rp33 ribu dari sebelumnya Rp20 ribu dan bawang merah dari Rp24 ribu sekarang Rp30 ribu perkilogramnya.

Ia berharap, pemerintah andil dan dapat menyelesaikan persoalan kenaikan harga dari sejumlah sembako. Lantaran sembako merupakan kebutuhan pokok untuk keberlangsungan hidup masyarakat.

"Harapannya, supaya pemerintah bisa menurunkan sembako, memakmurkan rakyat gitu, kalu rakyat makmur, pemerintah juga pasti makmur," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar